Jepang dan Indonesia dalam berbagai situasi

Oya...mau tau bedanya situasi di Jepang dan Indonesia?.
Ini adalah sebahagian analisa pengamatan saya mengenai tingkah laku orang jepang dan orang indonesia.Memang apa yang akan saya tulis ini tidak semuanya menggambarkan kondisi diseluruh jepang dan kondisi di indonesia,ini hanya sebahagian besar saja dan juga sebagai perenungan bagi kita semua.

*KETIKA DI JALAN RAYA*
japan: mobil sangat jarang,kecuali di kota-kota besar.Mereka lebih menyukai naik sepeda atau jalan kaki.
indo: jalan malah macet banget apa lagi pada pagi hari.susah mau menyeberang jalan.Tu juga menyebabkan selalu terlambat.

*KETIKA DI KENDARAAN UMUM*
japan: orang-orang pada membaca buku,tidur,dan ada yang mendengarkn musik memakai handset.
indo: orang-orang pada ngobrol2,ngelamun,tidur,ketawa cekikkan,dan negosip..gosok terussss....

*KETIKA MAKAN DI KENDARAAN UMUM*
japan: sampah sisa makanan disimpan kedalam tas atau saku celana,jika udah menemukan tong sampah barulah membuangnya ke tong sampah.
indo: dengan tidak berdosa,sampah sisa makanan dibuang begitu saja dimana-mana.

*KETIKA BUANG SAMPAH*
japan: sampah dibuang sesuai dengan jenisnya.misanya:sampah organik dibuang ditempat sampah khusus organik,dan sebaliknya sampah anorganik dibuang ditempat sampah anorganik juga..kaleng,botol juga dipisahkan.ada tempatnya masing2.Hari untuk membuang sampah pun ditentukan juga lohhhhhh..
indo: semua sampah gabung,gk ada perbedaan sama sekali.Dan dimasukkan menjadi satu.

*KETIKA BARANG ELEKTRONIK RUSAK*
japan: langsung dibuang ke tempat sampah atau didaur ulang.
indo:diservislah,kan sayang barang mahal dibuang kreditnya lum  lunas lagi...haaaaaaahhhh

*KETIKA BERJALAN DI PAGI HARI*
japan: orang-orang pada jalan supercepat kayak dikejar anjing,karena mereka khawatir akan telat kekantor,sekolah,rumah sakit.jika mereka terlambat,mereka akan malu dan merasa bersalah pada diri sendiri.Mereka akan mengganti waktu,sebanyak waktu mereka telat datang.misalnya:telat ngajar 15 menit.mereka akan menambah jam kerjanya 15 menit,baru boleh pulang.
indo:ahhhhh...nyantai aja teman...pasti dosennya datang telat juga tuhhhh!.

*KETIKA JAM KANTOR*
japan: jalanan sepii banget,kayak kota mati.
indo:PNS pake seragam coklat atau hijau pada keluyuran di mall dan tempat perbelanjaan lainnya.

*KETIKA JANJIAN BERTEMU*
japan: orang-orang jepang,mereka datang pada tepat waktu.Bahkan 15 atau 10 menit waktu janjian,mereka udah ada ditempat.
indo: mungkin salah satu pihak,akan dibiarkan menunggu berjamuran,karena 30 mnt atau 1 jam kemudian baru muncul.

*KETIKA DALAM KELAS*
japan: bangku yang paling banyak kosong adalah bangku yang paling belakang,dan semua mahasiswa sunyi,mendengarkan kuliah dengan serius.
indo:bangku yang paling banyak kosong adalah bangku yang paling depan,wahhhhhh..enak neh.duduk dibelakang dan bisa tidur.cuma baris yang depan aja yang anteng dengerin kuliah..

*KETIKA DIBERIKAN TUGAS OLEH DOSEN*
japan: pada hari tersebut juga langsung menuju perpustakaan atau browsing internet buat cari data.Dan sebagian besar orang jepang mempunyai internet dirumahnya masing2.jadi setelah menuju perpustakaan atau toko buku,mereka langsung online untuk cari tugasnya.
indo:kan masih ada hari besok lohhh...ntar ajalah.

NOTE:
Ini adalah bahan perenungan saja bagi kita semua.Sebagai bangsa yang tentunya tidak mau terpuruk seperti itu secara terus menerus dan saya juga tidak bertujuan menjelekkan negara sendiri.Kemajuan dari suatu bangsa bukan karena sumber daya alam,tetapi juga bersikap...
Ayo lah kita berubah mulai sekarang..biar bisa lebih bagus lagi......amin

3 komentar:

  • Pembelajaran bagus yang patut dicontohi rakyat indonesia, semoga nanti rakyat indonesia yang ada di jepang setelah pulang membawa konsep kehidupan dari masyarakat jepang.

    semoga sukses selalu.....

  • hahaha.. got busted!!

    anailsa yang mantap.kekekeke..
    sebetulnya, saya lebih suka jalan kaki sih, tapi masalahnya, trotoar pada ancur, pohon2 disulap jadi mini/super market, belon lagi kalo siang, uh! macet.. banyak polusi, apalagi polusi dari bus kota (tau sendiri asap hitam mengepul dengan indah). Sampah yang berserakan gara2 orng2 tak bertanggung jawab.. semua itu bikin males jalan kaki..
    saya tinggal di bandung. guru SD saya dulu sering cerita kalo dulu pas tahun 70-an, bandung itu masih sangat sejuk, pohon2 rindang, pokonya mantep deh.. tapi coba deh jam 11an, sekarang keluar ke jalan raya 10 menit aja udah bikin kelabakan karena panas..

    postingan agan, bikin saya sadar loh!
    sadar kalo pemerintah bukan cuma tidak becus ngurus kebijakan negara, tapi juga tidak becus ngurus menyediakan fasilitas umum yang layak... ckckckck, kalo ada aja negara yang bener mending saya pindah deh.. hehehe, (sumimasen, komen nya kepanjangan)

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...